Minggu, 24 April 2016

Adolesence

Assalamualaikum :))

kali ini saya pingin cerita dikit lah ya, nyambung-nyambungin sama mata kuliah saya gapapa kan :') ga bikin stress kok, tenang aja hehehe
saya sekarang lagi belajar tentang remaja termasuk dengan aspek psikologisnya. dan memang ternyata sudah kodratnya bahwa remaja adalah peniru, pembangkan kepada orang tua, pencari kebahagiaan hanya untuk diri sendiri padahal juga belum bisa menentukan dengan baik dan benar mana yang baik dan buruk

di saat fase remaja, banyak sekali perubahan dalam diri remaja, dan sejatinya cara untuk mencegah remaja ini terperosok ke jalan yang salah adalah dengan selalu menemaninya, tanyakan harinya, walaupun mungkin mereka akan marah karena merasa terusik. dengan kata lain kita memagari remaja itu supaya gak salah arah

banyak orang dewasa yang kepribadiannya buruk, terjerumus ke segala jenis gaya hidup yang tidak begitu bagus. itu adalah karena orang tua atau siapapun yang lebih tua tidak mendampingi. kalo kalian punya adek yang lagi puber, sering-sering deket sama mereka. percayalah, kalau kehidupan kalian udah terlanjur suram, kepribadian kalian udah terlanjur ada yang tidak pas; jangan berikan hal yang sama ke adek kalian. tuntun dia, kalian pasti akan merubah dunia adek kalian. memang bukan dunia ini secara keseluruhan, tapi saya percaya kalo hanya dengan mengubah dunia seseorang kita sudah bisa dikatakan "sedikit" bermanfaat bagi orang lain

sedih banget si saya juga masih tergolong remaja akhir hahha...
nah buat remaja-remaja akhir kelahiran akhir 90-an, kalian juga jangan terstuck sama mindset kalian. kita uda mu dewasa gitu kan, mulai tuh evaluasi diri, kira-kira sifat saya yang kurang pas itu mana aja. jangan ragu untuk minta maaf kalo memang salah, jangan suka batu kalo emang lagi dikasi tau. yang penting jangan menutup diri ajalah
karena belum tentu nilai-nilai yang kita anut adalah nilai yang paling benar di dunia ini. coba lihat cara pandang lain, tawaran cara hidup yang lain
emang ngerubah sifat susah, saya juga ngerasain. tapi mending mencobakan daripada nggak sama sekali?
toh makin kita dewasa orang makin macem-macem kan kepribadiannya, kita juga harus pilih orang seperti apakah diri kita kelak?
 masi bisa dibilang generasi muda kan ya? ehehhehe

oh ya buat remaja akhir, semangat ya kuliahnya. usahakan lakukan apapun itu sepenuuh hati, kan itung-itung udah bentuk kontribusi buat kerjaan masa depan heheh....
bikin makalah, laporan, essai, apapun itu sepenuh hati ya, seniat mungkin
ngga akan ada proses yang mengkhianati hasil kok, Tuhan Maha Melihat kok teman
yuk sumbang yang terbaik buat Indonesia, udah mau pasar bebas nih

wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar